November 28, 2021

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

Kejutan, Shin Tae-yong Justru Panggil Kiper yang Ditepikan Persib Bandung di Piala Menpora

2 min read

Persib mengumumkan kiper muda Aqil Savik mendapat pemanggilan dari timnas Indonesia untuk TC bulan Mei mendatang. PSSI sudah memulai pemanggilan pemain untuk melakoni pemusatan latihan tim nasional Indonesia. Timnas Indonesia asuhan Shin Tae yong memang akan memulai training camp pada 1 Mei mendatang.

Satu klub yang sudah mengumumkan pemanggilan untuk pemainnya adalah finalis Piala Menpora 2021. Namun, pemain Persib Bandung yang dipanggil untuk TC timnas Indonesia tersebut justru tak bermain di Piala Menpora 2021. Pemain tersebut yaitu kiper muda Aqil Savik.

"Timnas Indonesia memanggil penjaga gawang Persib, Muchamad Aqil Savik untuk menjalani program pemusatan latihan di Jakarta, pada 1 9 Mei 2021 dan di Dubai Uni Emirat Arab pada 10 29 Mei 2021," demikian pernyataan klub di laman resminya (26/4/2021). "Pemanggilan Aqil itu tertuang dalam surat resmi bernomor 3900/AGB/147/IV 2021 yang ditandatangani oleh Plt Sekjen PSS, Yunus Nusi." Pemanggilan tersebut terbilang mengejutkan mengingat Aqil Savik tak mendapat tempat di skuat utama Persib.

Pelatih Robert Alberts memilih membawa tiga kiper senior, yakni I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dika Bhayangkara. Piala Menpora 2021 juga "menelurkan" sejumlah kiper berpengalaman dengan performa solid, seperti Andritany Ardhiyasa dan Hilman Syah. Shin Tae yong kemungkinan mempersiapkan Aqil Savik untuk menghadapi SEA Games 2021 yang memiliki batasan usia 22 tahun.

Aqil Savik, terlahir pada 17 Januari 1999, memang masih memenuhi umur untuk tampil di SEA Games 2021. Eks kiper timnas U 19 era Indra Sjafri itu juga dipanggil Shin Tae yong pada TC timnas Indonesia, Februari Maret lalu. Dengan demikian, ia kemungkinan akan bersaing dengan kiper Barito Putera, M Riyandi, yang juga baru berusia 21 tahun.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua laga uji coba dan tiga laga kompetitif di UEA pada Mei Juni mendatang. Dua laga uji coba tersebut yaitu menghadapi Afghanistan (25 Mei) dan Oman (28 Mei). Adapun tiga laga kompetitif bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 yakni melawan Thailand ((3 Juni), Vietnam (7 Juni) dan Uni Emirat Arab (11 Juni).

Persib Bandung sendiri baru saja ditaklukkan oleh Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *