December 1, 2022

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

Beberapa Tips Cerdas Menempuh Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

2 min read
mobil bekas

Perjalanan jauh atau lebih dikenal dengan road trip tentunya menjadi hobi setiap orang apalagi perjalanan jauh bukan hanya untuk liburan saja, melainkan juga bisa untuk pulang kampung atau keperluan lainnya. Untuk menempuh perjalanan jauh sekitar ratusan bahkan ribuan kilometer, tentunya kondisi mobil harus dipastikan terlebih dahulu kelayakannya. Untuk mengetahui mobil tersebut layak atau tidak menempuh jarak jauh, ada baiknya dibawa ke bengkel untuk dicek semua komponen yang ada. Pastikan pengecekan tidak hanya pada beberapa komponen saja, tetapi semua komponen mesti dicek dan memastikan semuanya normal dan layak. Jika ada komponen yang harus diganti dengan yang baru, maka jangan tunda untuk menggantinya agar tidak ada kendala apapun dalam perjalanan. Untuk lebih memberikan kenyamanan dalam perjalanan jauh, berikut ini ada beberapa tips cerdas yang bisa menjadi pedoman.

 

Buatlah rencana perjalanan

 

Di awal sebelum keberangkatan, ada baiknya untuk membuat sebuah rencana perjalanan. Tujuannya dibuat rencana perjalanan ini adalah untuk memastikan perjalanan berjalan sesuai rencana sehingga bisa menghadirkan hal yang menyenangkan. Diawali dengan menentukan rute yang mesti dilalui yang bisa dicaritahu melalui GPS, kemudian juga tentukan titik lokasi untuk sekedar makan, isi bahan bakar, dan istirahat. Cek juga prakiraan cuaca untuk lokasi yang akan dilalui oleh mobil dan pastikan kondisi jalan yang akan dilewati dalam kondisi yang bagus.

 

Istirahat yang cukup

 

Sebelum berangkat, pastikan semua orang yang ingin ikut harus beristirahat yang cukup terutama pengemudi karena pengemudi harus bisa fokus berkendara selama dalam perjalanan. Jangan sampai kurang tidur karena bisa membahayakan pengemudi serta semua penumpang. Hal penting lainnya adalah pengemudi tidak boleh memaksakaan keadaan jika memang sedang sakit, ada baiknya diganti dengan pengemudi lain yang memang sudah siap menempuh jarak jauh.

 

Istirahat setiap 200 kilometer

 

Selama perjalanan, ada baiknya untuk selalu beristirahat setelah melalui jarak sekitar 200 kilometer. Istirahat ini bisa dimanfaatkan untuk isi bahan bakar, makan siang, atau sekedar untuk meregangkan kaki. Dengan istirahat selama kurang lebih 20 menit sampai setengah jam, tentunya akan memberikan energi yang baru sehingga bisa terus fokus mengemudi sampai ke titik berhenti selanjutnya. Pastikan juga pengemudi tidak menyetir selama 10 jam lebih dalam waktu 1 hari.

 

Fokus dalam berkendara dan pastikan jaga jarak

 

Dalam kondisi cuaca apapun, pengemudi harus bisa fokus dalam mengendarai mobil dan memastikan jaga jarak dengan kendaraan yang lain. Apalagi ketika dilanda hujan dan jalan menjadi agak licin, maka pengemudi harus bisa melaju dengan hati-hati karena proses pengeraman akan menjadi lebih lama. Dengan mengatur kecepatan saat jalan licin, maka tidak akan terjadi slip pada ban.

 

Tips di atas tentunya bisa jadi acuan bagi setiap orang, selain itu jangan memaksakan kondisi mobil yang kurang layak karena kemungkinan membuat perjalanan terganggu. Jika sedang cari mobil bekas yang kondisinya masih bagus dan transparan, maka bisa mengikuti proses lelang yang diadakan IBID. Setiap orang bisa mendaftar dan mengajukan lelang sesuai mobil yang diinginkan dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh IBID, gabung sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *