December 2, 2021

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

74 Tahun Pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Begini Penampilan Ratu di Hari Bahagianya

2 min read

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menikah tepat 74 tahun lalu, 20 November 1947, di Westminster Abbey. Dilansir , Putri Elizabeth dan Pangeran Philip menjadi pasangan suami istri ketika Ratu muda itu baru berusia 21 tahun. Pengiring pengantin Elizabeth, Lady Pamela Hicks, mengatakan kepada The Telegraph: "Putri Elizabeth dengan kulitnya yang luar biasa dan Pangeran Philip adalah perwira angkatan laut yang sangat tampan."

"Dia tampak lembut, dia memuja. Mereka benar benar pasangan impian." Pengiring pengantin lainnya yaitu saudara perempuan mempelai wanita, Putri Margaret, dan pendamping pria adalah David Mountbatten, Marquess of Milford Haven. Anak laki laki pengiring pengantin yang mengenakan rok adalah Pangeran William dari Gloucester dan Pangeran Michael dari Kent.

Ratu Elizabeth II pertama kali bertemu calon suaminya, Pangeran Philip, dari Yunani dan Denmark, ketika dia baru berusia 13 tahun di pernikahan sepupunya, Putri Marina dari Yunani. Itu adalah cinta pada pandangan pertama bagi bangsawan muda itu. Pada tahun 1946, ketika Putri berusia 20 tahun, pasangan itu diam diam bertunangan.

Pada April 1947, ayahnya, Raja George VI, akhirnya memberi mereka izin untuk menikah. Philip melepaskan kewarganegaraan dan gelar Yunaninya dan mengambil nama keluarga, menjadi Letnan Philip Mountbatten. Di hari pernikahannya, dengan mengenakan gaun bersulam indah karya Norman Hartnell, Putri Elizabeth tiba di Westminster Abbey dengan Irish State Coach bersama ayahnya, Raja George VI.

Karena pernikahannya dilakukan ketika langkah langkah penghematan Inggris masih berlaku setelah Perang Dunia II, Elizabeth dikabarkan menabung kupon untuk membeli bahan yang dibutuhkan untuk membuat gaunnya. Gaun pengantin bersulam Elizabeth terbuat dari satin Duchesse gading dan dihiasi 10.000 mutiara yang diimpor dari AS. Buket pengantin kerajaan terdiri dari anggrek putih dan setangkai myrtle yang telah dipotong dari semak di karangan bunga pernikahan Ratu Victoria.

Penampilan pengantin wanita, dengan kalung mutiara pusaka kerajaan, tidak akan lengkap tanpa tiara yang menakjubkan. Putri Elizabeth mengenakan Queen Mary's Fringe Tiara, terdiri dari 47 batang berlian menggunakan batu yang diambil dari kalung yang diberikan Ratu Mary oleh Ratu Victoria. Fringe Tiara, yang diwariskan kepada ibu Putri Elizabeth pada tahun 1936, dipinjamkan kepada Putri muda itu sebagai "sesuatu yang dipinjam" dari pakaian pernikahannya.

Tiara itu kemudian dikenakan oleh Putri Anne di pernikahannya pada tahun 1973, dan pernikahan Putri Beatrice pada 2020. Pengantin pria yang sekarang disebut sebagai Duke of Edinburgh menghadiahkan Ratu cincin kawin dari emas Welsh untuk dikenakan bersama cincin pertunangannya. Kue pernikahan mereka berukuran besar, berdiri setinggi sembilan kaki, beratnya 500 pon, dan menampilkan empat tingkatan.

Terbuat dari bahan bahan yang diterima dari Australian Girl Guides, kue tersebut dipotong menggunakan pedang Philip. Satu lapisan disimpan sampai pembaptisan Pangeran Charles dan yang lainnya dikirim kembali ke Australia sebagai ucapan terima kasih. Putri Elizabeth dan Pangeran Philip kemudian berbulan madu di Hampshire, Inggris, di rumah bersejarah Broadlands milik paman Philip, Lord Mountbatten, dan di Birkhill di perkebunan Balmoral, yang sekarang menjadi milik Pangeran Charles.

Hampir tepat satu tahun setelah bertukar sumpah, Elizabeth dan Philip menyambut anak pertama dari empat anak mereka, Pangeran Charles, pada 14 November 1948. Kurang dari lima tahun kemudian, Putri muda itu diproklamasikan sebagai Ratu pada tahun 1953. Ratu dan Philip menikah selama 73 tahun setelah Duke meninggal pada 9 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *