January 28, 2023

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

Cara Mengatasi dan Mengurangi Resiko Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

3 min read
Muncul flek coklat sebelum haid

Sebagian orang yang tidak pernah merasakan muncul flek coklat sebelum haid pasti akan merasa khawatir. Jika flek coklat yang keluar hanya beberapa tetes dan tidak berlangsung lama, itu tandanya masih normal. Namun, jika keluar dalam jangka waktu lama, perlu melakukan cara untuk mengatasinya.

5 Cara Mengurangi Resiko Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Muncul flek coklat sebelum haid secara berlebihan memang membuat tidak nyaman. Bahkan, kondisi seperti ini terkadang membuat merasa tidak nyaman. Maka dari itu, jika mengalami kondisi seperti ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya flek coklat.

  1. Menjaga Berat Badan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya flek coklat sebelum menstruasi dengan menjaga berat badan. Alasan utama kenapa harus menjaga berat badan normal agar saat menstruasi bisa keluar darah dengan lancar.

Jadi, tanpa disadari berat badan yang ideal dapat mengurangi resiko keluarnya flek coklat sebelum menstruasi. Sedangkan cara menjaga berat badan ideal sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara rutin.

  1. Menghindari Stres

Stres menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Bahkan, terkadang stres yang berlebihan bisa memicu munculnya flek coklat sebelum waktunya menstruasi. Hal ini terjadi karena membuat tubuh menjadi lebih tertekan.

Sedangkan untuk menghindari stres sangatlah mudah yaitu dengan menjauhi pikiran-pikiran negatif. Usahakan selalu menyibukkan diri agar tidak terlalu fokus dengan permasalahan yang sedang dialami. Di sisi lain, usaha seperti ini juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengganti Alat Kontrasepsi

Cara mengatasi muncul flek coklat sebelum haid yaitu dengan mengganti alat kontrasepsi. Banyak alat kontrasepsi yang biasa digunakan seperti pil KB, suntik KB, implant, IUD dan masih banyak lagi. Biasanya setiap orang hanya cocok dengan satu alat kontrasepsi saja.

Jika awalnya sudah menggunakan alat kontrasepsi, tapi memberikan efek samping seperti munculnya flek coklat, sebaiknya segera ganti. Melakukan konsultasi dengan dokter terkait untuk mendapatkan rekomendasi alat kontrasepsi yang tepat.

  1. Melakukan Pemeriksaan Pap Smear Secara Rutin

Tahukah Anda apa itu pemeriksaan Pap Smear? Sederhananya pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah adanya kanker leher rahim atau serviks. Jadi, lebih tepatnya Pap Smear untuk melakukan pemeriksaan demi deteksi dini.

Sebenarnya pemeriksaan ini bisa berlaku untuk laki-laki, tapi perempuan di sini menjadi objek pemeriksaan utama. Meskipun demikian, Tapi tidak semua wanita bisa melangsungkan pemeriksaan ini. Maksudnya, sebelum melakukan Pap Smear ada pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tubuh.

  1. Menjaga Pola Makan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mengurangi resiko munculnya flek coklat sebelum menstruasi yaitu dengan mengatur pola makan menjadi lebih baik. Pasalnya pola makan sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Sebenarnya menjaga pola makan yang baik untuk setiap harinya sangatlah mudah. Misalnya saja makan 3 kali sehari dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, penting juga untuk mengimbanginya dengan olahraga yang rutin agar Hasilnya lebih maksimal.

Kurang lebih itu lebih jelasnya mengenai beberapa cara untuk mengatasi dan mengurangi resiko muncul flek coklat sebelum haid. Setidaknya dengan mengetahui beberapa cara tersebut segera melakukannya jika sedang mengalami kondisinya. Jadi, saat hal keluar flek coklat tidak langsung khawatir, tapi lebih mengutamakan penanganan yang tepat.

 

Referensi:

https://www.honestdocs.id/flek-coklat-sebelum-haid-bahaya-atau-tidak

https://www.alodokter.com/kenapa-bisa-ada-flek-coklat-sebelum-haid

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *