September 30, 2022

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

SehatQ, Manfaat Tape Singkong

3 min read
manfaat tape singkong

Manfaat tape singkong sangat banyak, terlebih tape singkong adalah makanan tradisional khas Indonesia yang biasa dijadikan cemilan. Makanan yang satu ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh anda. Salah satu manfaat dari tape singkong adalah meningkatkan imun tubuh.

Apa saja manfaat tape singkong yang perlu diketahui?

Banyak sekali jenis tape singkong yang perlu dikenal, salah satunya adalah tape singkong kering. Tape singkong kering adalah tape yang biasa digantung dan mempunyai tampilan seperti bedak putih. Tape singkong selain itu adalah tape biasa yang lebih lunak dan basah. Kedua jenis tape singkong tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, dan mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh.

Meningkatkan Imunitas

Tape singkong mengandung asam laktat yang sangat bisa dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh tidak akan mudah tertular virus atau penyakit dan menjadi lebih sehat apabila mengkonsumsi tape singkong. Tape singkong juga dipercaya mampu untuk menangkan flu atau pilek musiman.

Flu sendiri adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, serta bisa sembuh apabila imun tubuh sudah kuat. Apabila mengkonsumsi tape singkong dalam jumlah tertentu, maka bisa menangkal virus penyakit flu musiman. Perlu digarisbawahi, tape singkong tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Mencegah Anemia

Selain bisa meningkatkan imun yang ada di dalam tubuh, terdapat manfaat lain dari tape singkong yakni mencegah anemia. Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah, sehingga tubuh akan terasa lebih lemas dan tidak bertenaga apabila terkena anemia.

Tape singkong dibuat dengan proses fermentasi, tentu selama proses tersebut berlangsung terdapat mikroorganisme yang meningkatkan produksi vitamin b12. Vitamin b12 sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah lebih banyak di tubuh dan mencegah anemia.

Menguatkan Fungsi Otot

Apabila proses fermentasi tape singkong berlangsung, maka banyak sekali proses kimiawi yang terjadi. Salah satu prosesnya adalah meningkatnya produksi thiamin. Thiamin diketahui sangat berguna untuk meningkatkan sistem otot serta neuron yang ada pada manusia.

Ketika anda mengkonsumsi tape singkong, maka tubuh yang anda miliki akan merasa segar dan berenergi. Itulah yang membuat tape singkong sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita sakit pinggang atau sakit punggung. Sebab, tapi singkong diyakini bisa memperkuat otot yang anda miliki.

Melancarkan Pencernaan

Tape singkong bisa dapat dengan mudah melancarkan pencernaan. Sebab, di dalam tape singkong terdapat probiotik yang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Proses fermentasi yang terjadi dalam pembuatan tape singkong sangat mampu untuk meningkatkan produksi probiotik serta asam laktat.

Probiotik dan asam laktat sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Caranya adalah membunuh seluruh bakteri jahat serta membantu bakteri baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi tape singkong dalam jumlah tertentu, bisa membuang racun dalam tubuh dengan proses sekresi serta mencegah sembelit.

Mencegah Penyakit Hipertensi dan Kardiovaskular

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah mencegah penyakit hipertensi dan kardiovaskuler. Hipertensi adalah salah satu penyakit yang umum diderita di Indonesia. Penyakit hipertensi cukup serius, karena bisa menstimulasi penyakit lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Penderita hipertensi bisa dapat dengan mudah mencegah serta mengontrol tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi tape singkong. Tape singkong mengandung kalium yang cukup banyak, sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga detak jantung.

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan anda, maka anda bisa menggunakan kalkulator BMI untuk mengecek kesehatan. Manfaat tape singkong sangat banyak dan perlu diketahui, setelah mengkonsumsi tape singkong, Anda bisa mengecek kesehatan di kalkulator BMI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.