November 28, 2021

Information Navi

Website Information Navi dan Inspirasi Gaya Hidup

5 Efek Samping Banyak Konsumsi Durian: Bisa Picu Alergi Hingga Naikkan Potensi Gula Darah Rendah

2 min read

Durian memiliki 30 varietas dan sembilan di antaranya dapat dikonsumsi. Durian dipercaya banyak tumbuh di negara Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Filipina. Durian memiliki ciri khas yaitu bau yang menyengat ketika sudah dibuka dan terkadang menjadi pengalaman buruk bagi sebagian orang.

Namun dikutip dari , di balik baunya yang tidak sedap, durian menyimpan nutrisi yang berguna bagi tubuh seperti vitamin, mineral, antioksidan, phytonutrients, hingga serat untuk kebutuhan diet. Sayangnya terdapat pula beberapa efek samping apabila terlalu banyak mengkonsumsi dan berikut adalah ulasannya. Durian akan sangat bermanfaat bagi pencernaan apabila dikonsumsi dengan cukup dan berguna sebagai serat ketika akan melakukan diet.

Serat ini berfungsi sebagai laksatif alami di mana akan memperlancar pencernaan serta menjamin mengeliminasi bakteri di dalam tubuh. Namun apabila mengkonsumsi terlalu banyak akan mengakibatkan gangguan seperti nyeri perut, sindrom akibat iritasi pada usus, kembung serta membuang gas terus menerus. Durian menjadi salah satu sumber yang sangat baik dikarenakan mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan komponen antioxidantal lain yaitu phytonutrients, polyphenols , dan flavonoids .

Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh, menyeimbangkannya dalam tubuh, serta mencegah tubuh dari efek oksidatif di dalam sel serta jaringan ditambah mampu untuk mengurangi resiko terkena berbagai penyakit kanker. Mengkonsumsi durian secara teratur dan tidak berlebihan sangat baik bagi orang yang menderita diabetes atau yang berpotensi mengidapnya. Hal tersebut dikarenakan durian adalah buah yang dapat diubah menjadi gula darah di dalam tubuh dengan lambat.

Sehingga durian mengeluarkan kandungan gula ke dalam aliran darah dengan tingkatan yang rendah dan mencegah kenaikan level gula darah sehingga membantu untuk meminimalisir gejala diabetes. Pengontrolan terhadap gula darah juga disebabkan oleh serat diet yang terkandung di dalam durian. Walaupun durian memiliki banyak kelebihan tetapi ternyata juga terdapat efek negatif di dalamnya.

Terdapat pula orang yang tidak bisa merasa nyaman ketika mengkonsumsi durian. Ketidaknyamanan tersebut dapat menyebabkan alergi sehingga bagi orang yang mengidapnya diharapkan untuk tidak dipaksa untuk mengkonsumsinya. Alergi yang dapat terjadi antara lain gatal gatal, hidung tersumbat, pilek, radang tenggorokan, diare, hingga muntah muntah.

Durian sangat baik bagi wanita hamil apabila dikonsumsi dengan teratur dan secukupnya. Kandungan vitamin dan mineral seperti antioksidan, phytonutrients, polifenol, dan serat diet dapat membuat kehamilan menjadi lebih sehat. Mengkonsumsi durian juga dapat melindungi uterus serta perkembangan janin di dalam kandungan dari pengaruh oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *